
Awalnya seorang siswa saya meledek temannya dengan ucapan, teman yang diledek tidak terima, dan membalasnya dengan dua buah tamparan. Guru lain yang kebetulan melihat kejadian itu melerai dan mencoba memberi nasihat. Tapi si anak tidak merasa bersalah. Akhirnya si guru menyerahkan kasus ini pada saya, wali kelasnya. Percakapan saya dengan si anak membuat saya mengambil kesimpulan bahwa si anak memang punya pandangan bahwa apa yang dilakukannya adalah suatu hal yang benar dan memang sudah seharusnya.
Saya berinisiatif untuk mengajak orang tua si anak berdiskusi. Maksud awal saya adalah agar kami bisa menyelaraskan pola pendidikan di sekolah dan dirumah. Tapi apa yang saya dengar dari beliau, membuat saya cukup terperangah ....
Kebetulan yang hadir adalah ibu dari si anak. Beliau menceritakan bagaimana anak-anaknya diasuh oleh ayahnya di rumah. Ajarannya adalah "bila ada orang lain mendzolimi kamu, maka kamu harus membalasnya dengan balasan yang setimpal. Hukum qishosh adalah hal yang benar-benar diterapkan dalam keluarga tersebut. Apabila si anak pulang kerumah dalam keadaan menangis karena dipukul oleh temannya, maka saat itu juga si anak harus kembali dan mencari si pelaku untuk membalas perbuatannya. Bila si anak tidak berani maka ayahnya akan mengantarnya agar anaknya menjadi berani.......
Masya Allah.....
Si ibu juga mendapat pesan dari ayahnya, agar "bu Metty tidak merubah pola yang sudah diterapkan di rumah...."
Dan ini bukan pertama kali saya menghadapi kasus seperti ini ....
Saya butuh nasehat, benar-benar saya butuh nasehat ........................
cunyayusya said: Kayaknya ini statement yang paling bener deh.... :)
ReplyDeletebetul mama Yunda, akhirnya pendekatan saya memang dari sisi ini ....
yus116 said: pribados kirang paham Teteh, maksudnyah si anak teh dihina.. terus mengkisos dengan 2 cabokan? Atuh nggak adil hinaan dibales cabokan? :(
ReplyDeleteLeres kitu Kang Yus.Masalahna, ieu murangkalih sanes jinis anu seueur saur. Anjeunana teu wasa nimpalan cariosan ku cariosan. Janten pananganana anu bertindak. Mani watir puguh..... karunya kanu nyabok, karunya kanu dicabok ....
debapirez said: Waduh,berat jg tugas jd guru ya. Tuh anak cocoknya jd tentara di Palestina x ya..
ReplyDeleteTerima kasih mas Dedy, setidaknya saya dapat masukan saran untuk karier masa depan siswa saya :D
yus116 said: si anak teh dihina.. terus mengkisos dengan 2 cabokan? Atuh nggak adil hinaan dibales cabokan? :(
ReplyDeleteKayaknya ini statement yang paling bener deh.... :)
pribados kirang paham Teteh, maksudnyah si anak teh dihina.. terus mengkisos dengan 2 cabokan? Atuh nggak adil hinaan dibales cabokan? :(
ReplyDeleteWaduh,berat jg tugas jd guru ya. Tuh anak cocoknya jd tentara di Palestina x ya..
ReplyDeleteterlepas dari salah dan benar, rasanya tidak adil bagi si anak yang ditampar tetapi si anak yang menampar juga belum tahu.kalo menurut saya, dari pengalaman sebelumnya, even blm pernah jadi guru beneran, org tua harus diajak diskusi terutama si ayah dan cari teman yg bisa menjelaskan benar ttg hukum qisosh dan penerapannya. karena kasihan juga si anak kalo pada suatu saat dia dikucilkan dari pergaulan oleh teman2nya karena hal tersebut.
ReplyDeletenisanajma said: haduh Met, yang begini sepanjang karir jadi guru, belum pernah nih yang begini...gua bingung juga nih, ikut baca aja ya, sapa tau besok ngadepin yang begini...
ReplyDeleteterima kasih sudah menemani saya bingung mbak Hen ...:D
haduh Met, yang begini sepanjang karir jadi guru, belum pernah nih yang begini...gua bingung juga nih, ikut baca aja ya, sapa tau besok ngadepin yang begini...
ReplyDeletepribados mencoba husnuzhan ka 'sang abi'/abah/ayah/mama/bapa (etc. lah), parantos mencoba menerapkan tentang kisos. Tapi institusi pendidikan tidak boleh atuh menjadi jastipikasi metoda keluarga sendiri. Maksad teh, ma enya sakola kedah 'ngadukung' metoda rumah?Dan ortu tidak boleh atuh egois atanapi merekedeweng, dikarenakeun urang kedah rumaos, numawi nitip putra urang oge apanan peryogi sakola tea. Boh ku elmuna, boh metodana (anu teras dieksplor ku para pakar pendidikan), boh ku peunteun tur ijasahna."bu Metty tidak merubah pola yang sudah diterapkan di rumah...." mangrupikeun arogansi ortu terhadap guru. LAWAN!!Pun anak oge sami dititipkeun ka SDIT Alam, atos weh... percanten sagemblengna kana kapasitas sakola dina ngagembleng pun anak. Teu pencanten mah atuh pilari nu sanes weh.Pami 'kang Abi'/ayah/bapa/mama teh kalebet 'kalangan tertentu', saena mah pola pendidikan di kulawargina 'dicerahkeun' melalui 'jalur tertentu' oge. Manawi wae atuh, upami ku saran guru teu obah, ku usul garwana teu rengrot-rengrot, ku pepeling tatanggi teu robih-robih, manawi ari sumping ti syaikh-na mah eta taushiyah tiasa diemutan ku anjeunna. Misalna perkawis kisos tea. Murangkalih teh cicingeun? Secara psikologis pasti aya penyebabna. Ngajawab 'ancaman' verbal ku tangan? Pasti aya penyebabna. Saur junjungan urang, murangkalih mah siga kertas bodas...Wallahu a'lamPanjang kacida nya Akang ngacapruk, masya Allah...(Saleresna, sang abi/ayah/bapa/mama tea boleh2 ajah sih nerapkeun kisos atanapi naon wae pendapatna. Tapi ulah dugikeun berdampak negatip ka nu sanes. Saena mah eta murangkalih teh dipapatahan kieu, "Jang, mun engke aya babaturan anu badeur, ngahina maneh... buru2 lumpat neangan bapa... kisos tah, cabokan bapa satarik-tarikna!!"Tah pami kitu mah aman hehe. Moal aya aksi maen hakim sendiri, hukum lebih dihargai... supados murangkalih urang janten 'pewaris negeri madani' (menurut edcoustic)...
ReplyDeletefeibiru said: kalo emang kondisinya begitu, si anak dulu cukup deh...wah...bisa panjang nih kalo diterusin...tetap semangat ya....
ReplyDeleteSemangat ....!!!!
nengmetty said: Waduh, ibunya saja sudah menyerah mengajak diskusi ayahnya....Akhirnya saya lakukan pendekatan terhadap si anak saja
ReplyDeletekalo emang kondisinya begitu, si anak dulu cukup deh...wah...bisa panjang nih kalo diterusin...tetap semangat ya....
feibiru said: terlepas dari salah dan benar, rasanya tidak adil bagi si anak yang ditampar tetapi si anak yang menampar juga belum tahu.kalo menurut saya, dari pengalaman sebelumnya, even blm pernah jadi guru beneran, org tua harus diajak diskusi terutama si ayah dan cari teman yg bisa menjelaskan benar ttg hukum qisosh dan penerapannya. karena kasihan juga si anak kalo pada suatu saat dia dikucilkan dari pergaulan oleh teman2nya karena hal tersebut.
ReplyDeleteWaduh, ibunya saja sudah menyerah mengajak diskusi ayahnya....Akhirnya saya lakukan pendekatan terhadap si anak saja
yus116 said: "Jang, mun engke aya babaturan anu badeur, ngahina maneh... buru2 lumpat neangan bapa... kisos tah, cabokan bapa satarik-tarikna!!"Tah pami kitu mah aman hehe. Moal aya aksi maen hakim sendiri, hukum lebih dihargai... supados murangkalih urang janten 'pewaris negeri madani' (menurut edcoustic)...
ReplyDeleteAri saur ibuna mah, murangkalih teh henteu ditangani secara pisik mah. Ngan nya kitu, teu kenging eleh secara pisik ku batur ....
yus116 said: Panjang kacida nya Akang ngacapruk, masya Allah...
ReplyDeleteSanes ngacapruk atuh Kang, nuju mepelingan anu bingung
yus116 said: Murangkalih teh cicingeun? Secara psikologis pasti aya penyebabna. Ngajawab 'ancaman' verbal ku tangan? Pasti aya penyebabna. Saur junjungan urang, murangkalih mah siga kertas bodas...
ReplyDeleteSumuhun kitu ...
yus116 said: Pami 'kang Abi'/ayah/bapa/mama teh kalebet 'kalangan tertentu', saena mah pola pendidikan di kulawargina 'dicerahkeun' melalui 'jalur tertentu' oge. Manawi wae atuh, upami ku saran guru teu obah, ku usul garwana teu rengrot-rengrot, ku pepeling tatanggi teu robih-robih, manawi ari sumping ti syaikh-na mah eta taushiyah tiasa diemutan ku anjeunna.
ReplyDeleteTeu terang jalurna numawi oge Kang, upami dina terangna oge asa teu wantun nyariosna .....
yus116 said: Pun anak oge sami dititipkeun ka SDIT Alam, atos weh... percanten sagemblengna kana kapasitas sakola dina ngagembleng pun anak. Teu pencanten mah atuh pilari nu sanes weh.
ReplyDeleteResep pangintennya upami sadaya wali murid gaduh emutan sami sareng Kang Yus
yus116 said: "bu Metty tidak merubah pola yang sudah diterapkan di rumah...." mangrupikeun arogansi ortu terhadap guru. LAWAN!!
ReplyDeleteUrang cobian ....
yus116 said: Maksad teh, ma enya sakola kedah 'ngadukung' metoda rumah?Dan ortu tidak boleh atuh egois atanapi merekedeweng, dikarenakeun urang kedah rumaos, numawi nitip putra urang oge apanan peryogi sakola tea. Boh ku elmuna, boh metodana (anu teras dieksplor ku para pakar pendidikan), boh ku peunteun tur ijasahna.
ReplyDeleteLeres pisan Kang ....
aningtyas said: Waduh! Ada juga yang begini ya? Berat juga jadi guru kalau ketemu murid dan orangtua model begitu. Pake pesan nggak boleh merubah pola yang sudah diterapkan di rumah, lagi. Ngapain disekolahkan kalo begitu ya? Saya menduga anak ini akan jadi anak bermasalah (mudah-mudahan sih tidak). Kasihan dia jadi korban pola asuh sang ayah yang tidak lazim.Bisa-bisa dia terkucil dari pergaulan gara-gara orangtua mengajari main qisos sendiri. Dan kalau dia dikucilkan pun dia tidak akan mengerti mengapa. Duh! Di jaman nabi, qisos itu diputuskan oleh pihak yang berwenang, kan? Mana ada main qisos sendiri. Dan di mana sang ayah saat dia dijauhi teman-temannya? Kasihan deh
ReplyDeleteItu tantangannya menjadi guruMengenai si anak, sampai saat ini dia masih menjadi kepala suku dikelas dalam artian kata-katanya dituruti oleh teman-temannya. bukan karena masalah pukul memukul sih, tapi memang dia punya kharisma tersendiri bagi teman-temannya
Waduh! Ada juga yang begini ya? Berat juga jadi guru kalau ketemu murid dan orangtua model begitu. Pake pesan nggak boleh merubah pola yang sudah diterapkan di rumah, lagi. Ngapain disekolahkan kalo begitu ya? Saya menduga anak ini akan jadi anak bermasalah (mudah-mudahan sih tidak). Kasihan dia jadi korban pola asuh sang ayah yang tidak lazim.Bisa-bisa dia terkucil dari pergaulan gara-gara orangtua mengajari main qisos sendiri. Dan kalau dia dikucilkan pun dia tidak akan mengerti mengapa. Duh! Di jaman nabi, qisos itu diputuskan oleh pihak yang berwenang, kan? Mana ada main qisos sendiri. Dan di mana sang ayah saat dia dijauhi teman-temannya? Kasihan deh
ReplyDelete