Pages

Tuesday, January 1, 2013

Seberapa Erat Anda Berkawan di Ruang Maya? ^__^


Membaca cerita fiksi Liya yang ini, membuat saya teringat sebuah gambar kartun yang saya dapat dari internet. Kartun yang membuat saya tersenyum, yang meskipun tidak harfiah, tapi amat dalam maknanya: "on the internet, nobody knows you're a dog".

Menurut saya, pertemanan di ruang maya mudah di diawali pun jangan sungkan tuk diakhiri bila hanya mendatangkan kesusahan, sebagaimana tulisan seorang teman: bertemanlah ...............sampai DELETE memisahkan kita


71 comments:

  1. putrilan9it said: Cumab link? Meluncur.... :)
    pegangan yang kuat yaak

    ReplyDelete
  2. kyaaa lagi pada belajar membilang ya :P

    ReplyDelete
  3. nengmetty said: asyiiik dapet seratus dong^___^
    ya ambil sendiri di kantin ya

    ReplyDelete
  4. intan0812 said: betul.....
    asyiiik dapet seratus dong^___^

    ReplyDelete
  5. nengmetty said: Banyak hal yang terjadi di ruang maya ya, bisa positif bisa negatifYang penting bagaimana kita mensikapinya^___^
    betul.....

    ReplyDelete
  6. intan0812 said: kalau saya di mp bisa nemu temen, sodara.... dan ada juga yang tadinya akrab tiba2 tidak ada kontak sama sekali dan bahkan meremove saya hanya karena saya tidak bisa "dimanfaatkan" lagi olehnya.... ga apa2 sih..... ga rugi2 amat juga kok... :)
    Banyak hal yang terjadi di ruang maya ya, bisa positif bisa negatifYang penting bagaimana kita mensikapinya^___^

    ReplyDelete
  7. ratnapratiwi said: alhamdulillah kbr baik jg bu guru :)wah jgn ninggalin MP donk, sy jg biarpun jarang posting disempetin jalan2 wlpn cm intip2 hehe.. :p
    Ngga, belum ada niatan untuk meninggalkan MP^___^

    ReplyDelete
  8. kalau saya di mp bisa nemu temen, sodara.... dan ada juga yang tadinya akrab tiba2 tidak ada kontak sama sekali dan bahkan meremove saya hanya karena saya tidak bisa "dimanfaatkan" lagi olehnya.... ga apa2 sih..... ga rugi2 amat juga kok... :)

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah kbr baik jg bu guru :)wah jgn ninggalin MP donk, sy jg biarpun jarang posting disempetin jalan2 wlpn cm intip2 hehe.. :p

    ReplyDelete
  10. nitafebri said: hmm.. itu dia saya bilang kenapa MP ini gak bsia di bilang Blog. Lebih tepat disebut social networkwalaupun di sini ada jurnal, tapi maslaah pertemanan kental sekali..beda dengan blog dia gak mendelete karena memang gak punya contact.
    Oooh, itu ya bedanya blog dengan social networkYah, apapun namanya MP banyak memberikan manfaat buat kitabanyak ceritanya juga^___^

    ReplyDelete
  11. hmm.. itu dia saya bilang kenapa MP ini gak bsia di bilang Blog. Lebih tepat disebut social networkwalaupun di sini ada jurnal, tapi maslaah pertemanan kental sekali..beda dengan blog dia gak mendelete karena memang gak punya contact.

    ReplyDelete
  12. silakan, neng. Senang bisa berdiskusi :)

    ReplyDelete
  13. dhaimasrani said: saya beberapa kali di 'cerai' sama teman dunia maya :DHehehehe, suka dengan kalimat : ' On the internet, nobody know you're a dog '
    EMANG ENAK????keknya saya tau salah satu yg ngedelet diaku hehe.. :D

    ReplyDelete
  14. ratnapratiwi said: Mbak bu guru metty, pa kbr? kok lama ga nongol, sdg sibuk apakah? *atau dakunya yg ga update yah* :D
    Alhamdulillah baik. Memang saya sedang disibukkan oleh hal yang lain, cuma ga bisa ninggalin MP 100% heheheMbak Tiwik apa kabar?

    ReplyDelete
  15. debapirez said: "Selagi belum bikin kepala mumet ga usah didelet lah ded"Dan selama ga ganggu tidur juga. Maklum, kadang fans2 saya suka bertindak yg aneh2 hehe...
    huwaaaa ..................... kesannya Dedi dikejar paparazi^____^

    ReplyDelete
  16. miftamifta said: Delete akun? Jangan ya Ibu Guru, eman eman:-)
    Sepertinya belum ada niatan untuk itu^___^

    ReplyDelete
  17. m3z0e said: udah pernah ngerasain ketika beberapa temen menDELETE saya dari MP-nya :D
    Saaaammmmmaaaa ^___^Tapi saya juga pernah mendelet kontak^___^

    ReplyDelete
  18. m3z0e said: yang penting ambil manfaatnya aja lah*gambarnya lucu... sekaligus dalem maknanya...
    Sepakat Dzul, dan semoga kita juga bermanfaat buat orang lain, setidaknya dengan support doa dan komenbetul kan?^___^

    ReplyDelete
  19. saturindu said: Bagi saya, teman maya adalah teman untuk berbagi ilmu & kebaikan, serta saling mengingatkan dalam kebajikan. 67 kontak lama saya (di ID sugadiawara) adalah teman yang baik. Dari mereka semua, saya banyak belajar tentang hidup dan kehidupan.Sungguh bahagia rasanya, tanpa mesti bertemu muka (kopdar), saya bisa menimba ilmu dari mereka dan teman2 maya lain.:)
    Sebuah ketulusan biasanya berbalas ketulusan pula. Tak ada balasan dari kebaikan selain kebaikan yang lebih baik.Saya yakin para kontak mas Suga juga sangat bahagia (eh lebay, saya ganti dengan merasa senang) bisa berteman dengan mas suga yang tulus dan penolong. Saya sendiri mendapatkan banyak manfaat dari pertemanan di ruang maya ini, eh jadi keingetan, ada hal yang ingin saya konsultasikan dengan mas Suga, boleh? ^___^

    ReplyDelete
  20. gadisamnesia said: setuju hahax
    Oke, dah banyak yang setuju, berangkaaaaaaaaaaaattt^___^

    ReplyDelete
  21. puntowati said: Setuju....neng !
    Tos mbak hehehe^___^

    ReplyDelete
  22. bakhsayanda2 said: setuju dengan yang ini bu , hehehe .....apa kabar Bu ? :)
    Kabar baik Ded, btw, memang saya pernah diremove Dedi ya? kok dapet undangan lagi?^___^

    ReplyDelete
  23. bundananda said: Rien, kalo kita tipe gmana? Kyknya tipe 36 couple ya?
    Kalau saya tipe apa bun?Jangan bilang tipe 21 yaaaa^___^

    ReplyDelete
  24. putrilan9it said: temenku yang deket di FB, impor dr MP :D
    kena pajak?^___^

    ReplyDelete
  25. Mbak bu guru metty, pa kbr? kok lama ga nongol, sdg sibuk apakah? *atau dakunya yg ga update yah* :D

    ReplyDelete
  26. "Selagi belum bikin kepala mumet ga usah didelet lah ded"Dan selama ga ganggu tidur juga. Maklum, kadang fans2 saya suka bertindak yg aneh2 hehe...

    ReplyDelete
  27. Delete akun? Jangan ya Ibu Guru, eman eman:-)

    ReplyDelete
  28. nengmetty said: sampai DELETE memisahkan kita
    udah pernah ngerasain ketika beberapa temen menDELETE saya dari MP-nya :D

    ReplyDelete
  29. yang penting ambil manfaatnya aja lah*gambarnya lucu... sekaligus dalem maknanya...

    ReplyDelete
  30. Bagi saya, teman maya adalah teman untuk berbagi ilmu & kebaikan, serta saling mengingatkan dalam kebajikan. 67 kontak lama saya (di ID sugadiawara) adalah teman yang baik. Dari mereka semua, saya banyak belajar tentang hidup dan kehidupan.Sungguh bahagia rasanya, tanpa mesti bertemu muka (kopdar), saya bisa menimba ilmu dari mereka dan teman2 maya lain.:)

    ReplyDelete
  31. nengmetty said: bertemanlah ...............sampai DELETE memisahkan kita
    setuju dengan yang ini bu , hehehe .....apa kabar Bu ? :)

    ReplyDelete
  32. jiyaaaah.....ada type 36, ada tampah, ada yg minta kopi padahal ga doyan kopi,...Ayunda Siska...aku mau nanya2 ttg keadaan di Jl. Jakarta....sejuk kah udara disana untuk paru2ku yang mudah kena flu?

    ReplyDelete
  33. Rien, kalo kita tipe gmana? Kyknya tipe 36 couple ya?

    ReplyDelete
  34. amarylli said: Ga niat berfilosofi teh...keluar gitu aja ide kata2nya...heheheSaya punya sahabat maya, sekedar maya...ga ada keinginan untuk saling bertemu. Tapi ada keterikatan yang erat...karena sama2 percaya apa yang tersurat dan tersirat diruang maya, itulah yang sebenarnya nyata. Tapi seneng juga ko ketika ada sahabat maya lain yang bukan sekedar maya...menyenangkan rasanya bisa bicara sambil bertatap muka :-)
    like this

    ReplyDelete
  35. temenku yang deket di FB, impor dr MP :D

    ReplyDelete
  36. raniuswah said: buk, boleh pinjem tampah gak?
    bowleeeehhh, nih tangkep yaa^___^

    ReplyDelete
  37. amarylli said: Saya punya sahabat maya, sekedar maya...ga ada keinginan untuk saling bertemu. Tapi ada keterikatan yang erat...karena sama2 percaya apa yang tersurat dan tersirat diruang maya, itulah yang sebenarnya nyata.
    Nah, yang seperti ini sebetulnya pertemanan maya yang sehat. Dan yang seperti ini sebetulnya banyak sekali.Tapi disisi lain banyak juga yang satu tulus percaya, yang lain memanfaatkan, atau setidaknya menyembunyikan sesuatu^___^

    ReplyDelete
  38. Ga niat berfilosofi teh...keluar gitu aja ide kata2nya...heheheSaya punya sahabat maya, sekedar maya...ga ada keinginan untuk saling bertemu. Tapi ada keterikatan yang erat...karena sama2 percaya apa yang tersurat dan tersirat diruang maya, itulah yang sebenarnya nyata. Tapi seneng juga ko ketika ada sahabat maya lain yang bukan sekedar maya...menyenangkan rasanya bisa bicara sambil bertatap muka :-)

    ReplyDelete
  39. dhaimasrani said: saya beberapa kali di 'cerai' sama teman dunia maya :DHehehehe, suka dengan kalimat : ' On the internet, nobody know you're a dog '
    Sama dong, saya juga beberapa kali diremove, tapi pernah juga meremove heheheBetul, kartunnya impressive sekali^___^

    ReplyDelete
  40. saya beberapa kali di 'cerai' sama teman dunia maya :DHehehehe, suka dengan kalimat : ' On the internet, nobody know you're a dog '

    ReplyDelete
  41. amarylli said: Sebesar keinginan untuk saling mengeratkan diri :-) sebesar itulah keeratan yang akan tercipta
    wuiiiih filosofis banget :)Masalahnya, betapapun besar keinginan dari pihak kita, kalau pertemanan itu sebatas maya, kita tidak akan tahu "isi sebenarnya" dari teman maya kita. Maka, kalau sudah besar keinginannya, direalkan saja di dunia nyata. Sepakat kan?^___^

    ReplyDelete
  42. Sebesar keinginan untuk saling mengeratkan diri :-) sebesar itulah keeratan yang akan tercipta

    ReplyDelete
  43. debapirez said: Kalau saya suka ga tega,Teh.kadang mau di delete, eh tiba2 muncul.
    Selagi belum bikin kepala mumet ga usah didelet lah ded^___^

    ReplyDelete
  44. Kalau saya suka ga tega,Teh.kadang mau di delete, eh tiba2 muncul.

    ReplyDelete
  45. katerinas said: Gosip Irfan Bachdim yang mengucurkan dana ke rekeningku :p
    gak relaaaa.....irfan fansnya banyaak... :D

    ReplyDelete
  46. tantodikdik said: ga da yang deket, kecuali emang yang kenal di dunia nyata :)
    Sebetulnya dekat juga tidak masalah selama tidak menjurus ke 2 hal (yang paling sering jadi masalah gara-gara pertemanan maya): asmara dan pinjam meminjam uang^___^

    ReplyDelete
  47. katerinas said: Gosip Irfan Bachdim yang mengucurkan dana ke rekeningku :p
    ssssttt aku pm nomor rekeningku ya ;)

    ReplyDelete
  48. nitafebri said: baiklah aku kan menggosipkamu dg sangat hot..kemungkinan lapak rame juga besar looh..jadi request gosip apa neeh.. ^_~
    wuiiiiiiiiiihhhhhhhhhh cek n ricek pindah ke mp^___^

    ReplyDelete
  49. ga da yang deket, kecuali emang yang kenal di dunia nyata :)

    ReplyDelete
  50. nengmetty said: Iya Nita lagi banyak dapet serangan di ruang maya ya, jangan sampai delete akun ya Nit^___^
    jangan sampai :(

    ReplyDelete
  51. nitafebri said: baiklah aku kan menggosipkamu dg sangat hot..kemungkinan lapak rame juga besar looh..jadi request gosip apa neeh.. ^_~
    Gosip Irfan Bachdim yang mengucurkan dana ke rekeningku :p

    ReplyDelete
  52. nitafebri said: bisa dekat karena :-kopdar-sekota atau seengaknya sebelahan kota lah..-apa yg di tampilkan di maya n nyata begitu adanya..saya gak mungkiri yaa. teman maya yg udah kenal secara nyata, ketika saya di senggol n dengan kejamnya menghina saya..mereka akan pasang pagar. Pdahal saya baik2 ajah tuh sebab masih secara maya penyerangannya..
    Ya, setidaknya tidak "benar-benar maya" (apa maksudnya coba) kalau pernah kopdarIya Nita lagi banyak dapet serangan di ruang maya ya, jangan sampai delete akun ya Nit^___^

    ReplyDelete
  53. katerinas said: ya ampuuun...aku ga setega itu sama teteh yang baik *muji biar ditraktir kopi :pakan ku remove kalo ada yang kerjanya cuma bikin gosip dan fitnah! apalgi menggalang bala bantuan untuk "membunuh"......tapi dengan cara mendoakan :)
    baiklah aku kan menggosipkamu dg sangat hot..kemungkinan lapak rame juga besar looh..jadi request gosip apa neeh.. ^_~

    ReplyDelete
  54. katerinas said: ya ampuuun...aku ga setega itu sama teteh yang baik *muji biar ditraktir kopi :pakan ku remove kalo ada yang kerjanya cuma bikin gosip dan fitnah! apalgi menggalang bala bantuan untuk "membunuh"......tapi dengan cara mendoakan :)
    Hayuk, mau kok nraktir kopi yang ga doyan ngopi^___^Doakan biar akunnya di banned? :P

    ReplyDelete
  55. bisa dekat karena :-kopdar-sekota atau seengaknya sebelahan kota lah..-apa yg di tampilkan di maya n nyata begitu adanya..saya gak mungkiri yaa. teman maya yg udah kenal secara nyata, ketika saya di senggol n dengan kejamnya menghina saya..mereka akan pasang pagar. Pdahal saya baik2 ajah tuh sebab masih secara maya penyerangannya..

    ReplyDelete
  56. nengmetty said: jangan saya ya Rien*ngelirik daftar kontak*
    ya ampuuun...aku ga setega itu sama teteh yang baik *muji biar ditraktir kopi :pakan ku remove kalo ada yang kerjanya cuma bikin gosip dan fitnah! apalgi menggalang bala bantuan untuk "membunuh"......tapi dengan cara mendoakan :)

    ReplyDelete
  57. katerinas said: huhuhuhuhuhu.....ternyata 10 :((
    Makanya, berlajr berhitung yang benar ya :P

    ReplyDelete
  58. katerinas said: pisah...remove..delete...yeah!!
    jangan saya ya Rien*ngelirik daftar kontak*

    ReplyDelete
  59. Teteh kotak pengikutnya ga ada ya? AKu mau jadi follower teteh :)
    -Rien

    ReplyDelete